Powered By Blogger

Rabu, 24 November 2010

YANG DIAMBIL DARI SEBUAH PERJALANAN ( Bagian - 1 )

Tanggal 13 November 2010 di penghujung kegiatan KIS di Tretes, banyak manfaat yang dapat diambil dari perjalanan singkat tersebut, di antaranya adalah dengan melaksanakan kunjungan pada MIN Malang, disini saya tidak cerita tentang bagaimana kunjungan itu, tetapi ada sebuah kalimat yang cukup singkat dari Kepala MIN tersebut yang menurut saya  mengandung makna yang cukup luas, kalimat itu berbunyi " ....bahwa keberhasilan yang kami peroleh ini sebagaimana yang dilihat pada hari ini tidak muncul begitu saja, tetapi melalui proses yang cukup panjang setelah melewati kurun waktu 30 tahun...."

Yah tepat sekali apa yang dikatakan tersebut, kadang kita sering terpaku ketika melihat sebuah keberhasilan dari seseorang atau sebuah institusi, dan kita terkagum-kagum melihatnya, lalu berusaha utk mencontoh apa saja yang dilihat didepan mata seakan-akan itu semua terlahir begitu saja dari  sebuah keberuntungan. Sehingga ketika akan melaksanakan keinginan tersebut kita tidak ada daya, tidak memiliki tenaga yang cukup, tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk mengikuti keberhasilan itu, yang pada akhirnya hanya akan menimbulkan rasa pustus asa, dan kepasrahan dalam menyikapi hari depan.
Kita sering lupa bahwa keberhasilan itu melalui proses yg cukup panjang dan berliku-liku, dengan melewati kurun waktu yang cukup panjang, dengan berbagai usaha dan experimen, lalu untuk memulainya harus melihat potensi yang ada untuk dikembangkan, namun ada satu kata kunci untuk memulai keberhasilan itu, yaitu " SADIS "( istilah ini saya ambil dari Blog Valuta Kasih )...ya...SADIS sebuah singkatan dari SABAR DAN DISIPLIN, tidak ada sebuah keberhasilan tanpa kesabaran dan disipilin.

SABAR dan DISIPLIN, dua kata yang mudah diucapkan tetapi amat sulit untuk melaksanakannya. Namun jika dua kata itu mampu dijalankan dengan baik, dengan kesadaran dan keikhlasan hati, maka hasilnya akan sangat menakjubkan.
SABAR bukan berarti pasrah dengan keadaan, tetapi sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan, sabar dalam melakukan percobaan-percobaan, jika gagal ulangi lagi dgn percobaan lainnya, sabar untuk tidak berputus asa ketika mengalami kegagalan dalam mencoba ide-ide baru, sabar untuk tidak mudah menyerah sampai apa yang dicita-citakan berhasil, sabar untuk berdo'a kepada Allah Swt, karena do'a itu tidak mesti langsung dikabulkan tetapi perlu waktu yg cukup panjang kadang diawali dengan berbagai cobaan. Sabar ketika memilih prioritas mana yang akan diambil untuk memulai usaha dalam menuju keberhasilan sebagaimana yang diinginkan,  dan selanjutnya dengan konsisten melaksanakan apa yang sudah menjadi skala prioritas itu.
DISIPLIN, ini yang terkadang sering menjadi kelemahan kita, disiplin terhadap waktu, disiplin dalam melaksanakan tugas dan kegiatan sesuai ketentuan, disiplin untuk tidak melanggar komitmen yang telah disepakati. Disipli terhadap diri sendiri yang selanjutnya akan mampu mempengaruhi orang lain utntuk berlaku disiplin pula, maka akan merasa malu jika melanggar disiplin walaupun tanpa mendapat teguran dari atasan atau siapa saja. Maka jika disiplin ini mampu dilaksanakan dengan baik, keberhasilan yang dicita-citakan insya Allah akan menjadi nyata dan tinggal menunggu waktu saja.

Inilah sebagian dari manfaat yang dapat saya ambil dari sebuah perjalanan singkat.